Kontes Kecantikan

Little Miss Sunshine

Beberapa waktu lalu nonton film kocak ini sama istri. Ceritanya simpel, seorang anak perempuan, Olive, yang lolos lomba kontes kecantikan dan harus datang ke lokasi perlombaan yang sangat jauh (800-miles atau sekitar 1280 km). Karena beberapa kondisi, akhirnya mereka sekeluarga harus ikut pergi mengantarkan ke lokasi kontes mengendarai mobil VW-nya. Selama perjalanan, kita akan mulai mengenal setiap karakter keluarganya dan keseruan lainnya.

Spoiler Alert!

Salah satu pelajaran dari film ini dirangkum oleh kata-kata si kakak di akhir film:

"F**k beauty contests. Life is one fucking beauty contest after another. School, then college, then work... F**k that"

Film ini akhirnya mengajarkan bahwa hidup sebenarnya adalah kontes kecantikan yang terus berlangsung dan kita adalah pesertanya. Rasanya, semua orang terus melihat dan memberi penilaian apa yang tampak, tetapi tidak pada yang terjadi di balik layar, tidak melihat apa yang kita rasakan atau niatkan.

Kadang akhirnya kita juga terbawa memuaskan para penonton dan menjadi apa yang nggak kita ingin. Lelah, tapi takut dinilai buruk sama orang. Tapi apa begitu satu-satunya cara kita untuk hidup?

Olive akhirnya menunjukkan bahwa kita bisa jadi diri kita sendiri, percaya dengan prinsip kita dan berani menghadapi penilaian orang lain. Orang lain akan terus menilai, kita akan terus dibuat takut, tapi yang perlu kita terus inget adalah apa niat awal kita. Apakah hanya sekadar ikut kontes kecantikan atau lebih dari itu?



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

Sisi Gelap Jogja (?)

Menjadi Warga Baru di Universitas Islam Indonesia