Machine Learning dan AI Summer School

Gambar
Di tengah pandemi ini, salah satu hikmah yang bisa saya petik adalah banyaknya kegiatan offline yang biasanya mahal dan susah dicapai karena harus ke luar negeri, tapi jadi bisa diikutin secara online dan harganya murah. Salah satu kegiatan itu adalah Summer School. Di tahun 2020-2021 ini saya alhamdulillah dapat kesempatan join di dua kegiatan internasional bertajuk Summer School: Machine Learning Summer School (MLSS) 2020 dan PRAIRIE/MIAI AI Summer School (PAISS) 2021 . Di artikel ini saya akan cerita sedikit pengalaman saya mengikuti kegiatan Machine Learning atau AI Summer School, apa menariknya, dan bagaimana cara ikutnya. Machine Learning Summer School (MLSS) 2020    Di tengah tahun 2020 saya alhamdulillah dapat kesempatan ikut salah satu event Machine Learning Summer School (MLSS) yang diselenggarakan di Indonesia dengan penyelenggaranya adalah Telkom University dan University of Amsterdam. Saya bilang "kesempatan" karena untuk ikut kebanyakan kegiatan sejenis summ

Ujian Agama

Ikuti! ujian agama Islam dengan hadiah yang luar biasa besar. Materi yang diujikan adalah materi dasar yang sewajarnya diketahui umat Islam. Ujian akan diadakan lusa bertempat di ... dst.

Tiba-tiba kebayang misal ada pengumuman seperti itu. Sebuah ujian atau lomba dengan hadiah yang menarik semua orang. Kita masih punya waktu satu hari untuk me-refresh pengetahuan agama kita. Kira-kira, apa tanggapan kita?

Mungkin sebagian dari kita ada yang mengeluhkan waktu satu hari tidak akan cukup untuk merefresh kemampuan agama kita. Sebagian yang lain mungkin langsung menyibukkan diri mempelajari bab-bab pelajaran agama dari SD-SMA. Atau malah sebagian lagi masih bingung apa yang harus dipelajari?

Apapun tanggapannya, rasanya itu bisa jadi bahan renungan buat kita semua. Yang sebenarnya bisa mengarahkan ke pertanyaan utamanya, seberapa mengenal sih kita dengan agama kita?

Jadi inget celetukan teman waktu ujian Agama semasa kuliah dulu, bukankah kalau agama adalah seasuatu yang harusnya diterapkan sehari-hari itu berarti kita tidak perlu takut dengan ujiannya? bukankah ujian di akhirat itu lebih berat dan lebih tiba-tiba?

*yang terpikirkan saat diantar istri ujian agama setelah sekian tahun lamanya beragama Islam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

Sisi Gelap Jogja (?)

Menjadi Warga Baru di Universitas Islam Indonesia