Langsung ke konten utama

Puzzling

Akhir-akhir ini saya nemu hobi yang agak nggak biasa:

Ngamatin Puzzling Stack Exchange (SE)

Apa itu puzzling stack exchange? kalau ada yang pernah mampir StackOverflow, sebuah situs Question-Answer (QA) tentang seputar permasalahan IT. Puzzling SE itu situs QA mirip StackOverflow yang isinya seseorang ngepost puzzle dan orang lain coba untuk menjawab. Di sini kalian bisa berperan jadi si pembuat puzzle ataupun si penjawab puzzle.

Awalnya cuma iseng lihat-lihat, sampai saya inget sebuah puzzle yang cukup mindblowing dan buat saya mulai tertarik dengan puzzling SE:

Odd-looking circle

Saat saya baca soal dan jawabannya saya cuma bisa "wow ._. keren ya", dan sejak itu saya mulai buat akun di sana walau tidak seberapa aktif.

Terus yang bikin saya tertarik dengan puzzling SE adalah saya merasa puzzling SE itu kumpulan orang-orang yang punya cara berpikir menarik.Ccoba perhatikan dan baca dengan teliti dulu sebelum lihat jawabannya:

This is not a spam post

Pas saya lihat  jawabannya reaksi saya lebih heboh lagi "ada ya orang yang punya cara berpikir gitu" Bener-bener keren.


Dan hari ini saya menyelesaikan puzzle saya
Menyelesaikan bukan hanya berarti membuat, tapi melempar ke forum puzzling dan menjawab pertanyaan-pertanyaan klarifikasi, menyiapkan hint, hingga akhirnya salah seorang berhasil menjawab puzzle tersebut. Puzzle saya mungkin tidak terlalu bagus (bahkan mungkin sebagian orang tidak menyukainya karena jawabannya jauh lebih sederhana dari ekspektasi) tapi saya sangat senang bisa melihat hasilnya :)

I shouldn't have asked him

Puzzle ini saya buat selama berhari-hari perjalanan Klaten-Jogja, ya di jalan, di atas motor. Sesampai di kantor saya minta waktu kurang lebih 30 menit untuk merapikan dan mulai melempar ke forum sebagai puzzle (serius) pertama saya.

Setelah puzzle ini selesai, ada dua kesan yang saya dapatkan:

Grammar saya jelas masih kacau balau, tapi saya jadi banyak belajar untuk berdialog dalam bahasa inggris lebih intens. Dengan bahasa yang lebih sehari-hari dan mudah dipahami.

Kesan lainnya adalah meningkatnya rasa kagum saya pada potensi berpikir manusia. Saya sangat kagum melihat betapa hebatnya perbedaan jawaban tiap orang di sana. Dengan sudut pandang yang bisa jadi sangat mengejutkan berbeda mereka mencoba menyelesaikan puzzle-puzzle yang ada (coba perhatikan ragam jawaban pada puzzle saya! saya rasa jawaban mereka jauh lebih bagus)

Melihat keragaman jawaban dan bagaimana manusia bekerja sama untuk memecahkan masalah dalam sebuah miniatur forum QA sederhana benar-benar menarik! seolah mengatakan "Seandainya semua orang bekerja sama dan menggunakan potensi pikiran mereka, maka permasalahan yang sangat unik pun dapat terselesaikan"

Dan melihat keseruan itu mungkin saya akan mencoba untuk membuat puzzle lainnya. Ya.. walau mungkin kualitasnya masih belum semenarik puzzle lainnya, walau mungkin akan dapat banyak "downvote" tapi setidaknya ini bisa menjadi hiburan tersendiri bagi saya di kala luang :)

---

Catatan lain tentang kesan setelah aktif di puzzling:
.__. saya kaget ternyata istri saya cukup jago menjawab puzzle-puzzle di sana

Komentar

  1. Nice info about the forum! And nice puzzle as well! Aku ketawa2 sendiri baca jawaban2nya. People are indeed crreative :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejak disini

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula." [Al-Zalzalah: 7-8] Wah, sebenernya ayat ini dalem banget loh. ini berarti setiap tindakan kecil kita itu juga akan dipertanyakan di akhirat nanti. Kali ini mau saya bahas sedikit tentang "Sudah halalkah font kita". Ya, font yang kita pakai ini. Representasi wajah tulisan di web atau hasil ketikan di komputer. Lisensi Font Seperti apapun di dunia internet ini, semua berlisensi. Dan tahukah kalian, kalau font yang ada di komputer Windows itu sebenarnya juga tidak gratis, bahkan font-font yang kalian download dari situs-situs penyedia layanan font seperti Dafont , FontSquirrel , dan sebagianya itu juga tidak semuanya bisa digunakan seenaknya loh.

Sisi Gelap Jogja (?)

weh, ngeri banget judulnya, hehe sebenernya maksud pos ini adalah kisah duka di daerah jogja yang aku rasain sejak masuk UGM... sisi negatif itu  sebuah pendapat, tidak benar secara mutlak, dan bisa juga tidak salah secara mutlak nah, setelah 1 semester kuliah, yah, sudah pas 1 semester, kemarin siang baru aja registrasi semester 2, aku pingin menjawab sebuah pertanyaan yang aku dapet ketika promosi UGM di Surabaya: "Mas, Di Jogja katanya pergaulannya buruk? bener gak sih?" mungkin aku buka dulu dengan pendapat temen-temen jogjaku " Hmmm, menurutku tergantung komunitas yg dipilih apa dulu. DI jogja banyak banget komunitas mulai dari yg positif sampe yg negatif ada. Tergantung lingkungan kita tinggal di Jogja. Kalo menurutku overall asal kita gak aneh-aneh mau gabung ke komunitas yg negatif kayak komunitas 'coret-coret tembok' misalnya, ya pergaulan di kota Jogja relatif bagus sih gak buruk. Toh di sini masih ada budaya 'pekewuh' (tahu malu

Menjadi Warga Baru di Universitas Islam Indonesia

Perpustakaan UII Alhamdulillah, hari ini tepat 4 bulan saya jadi dosen di Universitas Islam Indonesia (UII) . Memang, 4 bulan adalah waktu yang singkat untuk menilai suatu kampus. Tapi saya pribadi sudah nggak sabar pingin cerita banyak tentang UII. Saya yang dulu tidak pernah dengar nama kampus ini, sudah berkali-kali dibuat kaget sekaligus kagum dengan beragam hal yang saya temui 4 bulan ini. Kali ini saya mau cerita sedikit tentang UII, versi 4 bulan jadi warga baru di UII. Kalau pingin tahu gimana seleksi dosen UII, bisa baca di sini . Universitas Islam Indonesia Kalau dulu ketika awal kuliah disuruh menyebutkan 3  nama ikan universitas swasta yang ada di Indonesia, mungkin yang teringat: Universitas Kristen Petra, kampusnya deket rumah Universitas Surabaya, beberapa kali lomba di sana Universitas Telkom, sering promo ke SMA Pertama kali denger nama "UII" dari temen kuliah saya. Dan pas itu saya ingat komentar, "loh itu beda ya sama Universitas Islam