Machine Learning dan AI Summer School

Gambar
Di tengah pandemi ini, salah satu hikmah yang bisa saya petik adalah banyaknya kegiatan offline yang biasanya mahal dan susah dicapai karena harus ke luar negeri, tapi jadi bisa diikutin secara online dan harganya murah. Salah satu kegiatan itu adalah Summer School. Di tahun 2020-2021 ini saya alhamdulillah dapat kesempatan join di dua kegiatan internasional bertajuk Summer School: Machine Learning Summer School (MLSS) 2020 dan PRAIRIE/MIAI AI Summer School (PAISS) 2021 . Di artikel ini saya akan cerita sedikit pengalaman saya mengikuti kegiatan Machine Learning atau AI Summer School, apa menariknya, dan bagaimana cara ikutnya. Machine Learning Summer School (MLSS) 2020    Di tengah tahun 2020 saya alhamdulillah dapat kesempatan ikut salah satu event Machine Learning Summer School (MLSS) yang diselenggarakan di Indonesia dengan penyelenggaranya adalah Telkom University dan University of Amsterdam. Saya bilang "kesempatan" karena untuk ikut kebanyakan kegiatan sejenis summ

Hikmah dari Merauke [1]

Rumah semut, atau mereka menyebutnya "Musamus", tingginya sampai 5 meter
Alhamdulillah, nikmat yang gak pernah disangka diperoleh tahun ini dapet kesempatan pergi ke batas timur Indonesia, Merauke. Kurang dari seminggu tiba-tiba lembaga pendidikan kami, Jogja Science Training, dikontak universitas di Merauke untuk mengadakan pelatihan Model Praktikum Algoritma dengan Sistem Kontes, memberi pelatihan penggunaan grader untuk praktikum algoritma yang juga sudah diterapkan di UGM. Universitas Musamus, salah satu universitas besar di Papua, adalah universitas tempat kerjasama kami.

Ada banyak cerita yang mau aku bagi dari timur sana. Tapi untuk kali ini kita mulai dari nama "Musamus". Ya, nama universitas ini berarti rumah semut, yang kata Pak Gerson, pejabat keuangan universitas yang ramah sekali mau menemani kita, memiliki filosofi: karya yang besar itu bisa dihasilkan dengan kerja sama yang baik bahkan dari makhluk yang terlihat sederhana sekali. Simbol semangat luar biasa dari masyarakat Indonesia Timur yang sering kita anggap sedikit tertinggal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

Sisi Gelap Jogja (?)

Menjadi Warga Baru di Universitas Islam Indonesia