Posts

Showing posts from November, 2015

HackGov 2015

Image
Malem ini sebelum memulai aktivitas di Spyder, aku mau cerita sedikit tentang pengalaman Hackathon yang barusan aku ikutin dan mudah2an ini jadi pengalaman hackathon terakhir di masa kuliah S1 ini *lulus cepet, amiin. Cerita ini bersifat subjektif belaka, kesamaan nama dan tempat memang di sengaja.

Sebenernya aku gak tipe hackathon, kalau gak dipaksa-didaftarin-tanpa-bilang-bilang oleh mas Rushan, iyuh ogah banget ikut hackathon. Kenapa? karena lagi sibuk TA, 24 jam lebih ngerjain sesuatu yang lain itu rasanya sesuatu banget :|

Tapi pas udah sampe sana dan mulai, rasanya lumayan seneng juga karena banyak temen yang aku kenal, mulai dari anak Ilkom 12 kayak Ramjak, Zaki, anak2 Gemastik kayak Desti, Adho, Jati (yang sempet-sempetnya nikmatin kolam renang hotel), terus malahan ada muridku di Praktikum ASD, Faldy sama Bahari. Jadi gak terlalu tegang dianggep kumpul-kumpul aja.

Kemarin lombanya itu dibagi jadi 3 kategori, Visualisasi dan Analisis Data, Aspirasi, dan Perempuan. Sesuai kesep…

Curiosity

Image
Sebelum istilah kepo ditemukan, istilah ingin tahu punya makna yang positif banget. Adek ini seneng banget lihat ikan-ikan warna-warni di akuarium, ketawa, nepuk-nepuk akuariumnya, dan nunjukkin betapa takjubnya dia. Ah, dek, dunia binatang itu memang menarik kok :3

*foto di ambil pas lagi nungguin nama dipanggil di kantor imigrasi

Diskusi Serius

3 hari terakhir diisi dengan banyak diskusi serius. Sempet ditegur sama temen karna pas diskusi terlalu serius bawaannya jadi gak santai. Terus tiba-tiba keinget masa-masa SMA :)

Dulu 'diskusi serius' sering banget kita lakuin, hampir tiap minggu kita coba mendiskusikan masalah dan coba memecahkannya, bersama temen-temen yang gak capek ngelatih pola pikir mereka. Kalau dulu kondisinya beda sih, aku lebih di posisi yang berusaha unuk tidak 'menseriuskan' sebuah diskusi, memberi joke-joke kecil biar suasana agak cair kadang dimarahin karena banyak guyon ._. tapi gak tahu kenapa pas kemarin ini jadi kebawanya aku yang serius banget pas diskusi.

Arya
Bicara soal diskusi gak bakal lepas sama anak ini. Anak yang punya motor berplat nomor L - VU ini, sering banget ngajakin diskusi secara serius pas SMA. Pembawaannya tenang, pandngannya tajam, dan skil problem solve nya gak diraguin kerennya. Ketika masalah yang cukup pelik dan parah (yang gak pernah aku temuin di masa kuliah i…

Dengar Lalu Bicara

Jadi aku sempet sebel sama seseorang akhir-akhir ini, seseorang yang sering banget menyuruh melakukan tindakan yang sia-sia. Sia-sia? karena setelah pekerjaan tersebut selesai dan memakan banyak waktu, dia meng-cancel pekerjaan tersebut karena baru tahu kalau pekerjaan itu ternyata sudah ada sebelumnya dan masih berjalan oleh teman-temannya. Nggak cuma sekali, tapi sudah berkali-kali.

Sebelum bicara kamu mesti banyak mendengar dulu", Nana (ternyata dia bijak juga, hehe)
Maksud dari kata-kata nana itu adalah untuk mendengar saran dulu sebelum mengambil keputusan, tapi kalau pas aku ndenger pertama kepikiranku lebih ke merencanakan terlebih dahulu.

Jadi inget sama kasusku, kalau seandainya orang yang nyuruh tersebut itu mau mendengar ke teman-temannya dulu, mungkin gak ada yang dibikin capek dan dihabiskan waktunya.

Pelajaran aja buat kita semua, dan aku juga. Semoga gak jadi sosok seperti itu

You fail to plan, you plan to fail"

Sepasang Cita-Cita

Image
Banyak kisah luar biasa dari para pendahulu yang kadang bikin melting ketika melihat endingnya. Kalau mendengar kisah-kisah itu lagi gak pernah bosen. Kalau Christopher Nolan dan David Fincher cuma bisa mewujudkan kisah-kisahnya di balik layar kaca, maka seharusnya kita bangga berada di pijakan yang sama dengan para pendahulu yang punya cerita luar biasa.

Video dibawah adalah salah satu kisah menarik yang aku dapat baru-baru ini, kisah ini bener-bener baru aku denger, dan sama seperti yang lain, kisah ini tetep bikin haru.

Sebuah kisah menarik tentang sepasang cita-cita, ketika seorang suami dan istri memiliki cita-cita dan pandangn hidup yang sama, maka hal luar biasapun bisa terjadi:


Kupu

Image
Hasil kerandoman malam minggu, karena python (bukan python yang ular, ini bahasa pemrograman yang jadi beban skripsi saya) sudah cukup melelahkan di pukul setengah 12 malam, jadi tiba-tiba pingin googling beberapa nama binatang lain ._. terus kepikiran sama kupu-kupu. Dan nemu ini:


imut banget gak sih :3