Machine Learning dan AI Summer School

Gambar
Di tengah pandemi ini, salah satu hikmah yang bisa saya petik adalah banyaknya kegiatan offline yang biasanya mahal dan susah dicapai karena harus ke luar negeri, tapi jadi bisa diikutin secara online dan harganya murah. Salah satu kegiatan itu adalah Summer School. Di tahun 2020-2021 ini saya alhamdulillah dapat kesempatan join di dua kegiatan internasional bertajuk Summer School: Machine Learning Summer School (MLSS) 2020 dan PRAIRIE/MIAI AI Summer School (PAISS) 2021 . Di artikel ini saya akan cerita sedikit pengalaman saya mengikuti kegiatan Machine Learning atau AI Summer School, apa menariknya, dan bagaimana cara ikutnya. Machine Learning Summer School (MLSS) 2020    Di tengah tahun 2020 saya alhamdulillah dapat kesempatan ikut salah satu event Machine Learning Summer School (MLSS) yang diselenggarakan di Indonesia dengan penyelenggaranya adalah Telkom University dan University of Amsterdam. Saya bilang "kesempatan" karena untuk ikut kebanyakan kegiatan sejenis summ

Gladwell's Book

Kenal buku pertamanya Malcolm Gladwell dari Mas Odhon pas upgrading OmahTI dua tahun lalu. Mas Odhon pas itu mamerin buku berjudul Blink karya Gladwell. Sejak itu jadi penasaran banget buat beli. Dan sekarang udah ada tiga buku di kosku karangan Pak Gladwell ini.

David and Goliath
Ini buku pertama yang aku beli, karena dari judulnya buku ini kayake lagi pas sama sikon pas itu. Dan ternyata keren banget. Buku ini isinya tentang bagaimana ukuran bisa sangat berpengaruh dalam sebuah pertarungan. Tidak selamanya menjadi besar itu menguntungkan dan tidak selamanya pula menjadi kecil itu merugikan. Akan ada banyak kisah menarik tentang bagaimana sesuatu yang kecil bisa mengalahkan yang besar

kekurangan yang aku kurang suka dari buku ini adalah ada tulisan-tulisan sejenis kutipan dari Bible, mungkin ini karena beliau membawakan kisah david dan raksasa (dalam islam ini menceritakan kisah nabi daud melawan raja jalut). Tapi kutipan-kutipan itu cuma ditaruh di halaman pertama tiap bab, jadi yo gak seberapa masalah sih. Dan kutipan-kutipan itu cuma ada di buku ini.


What the Dog Saw
Buku kedua yang aku beli. Agak beda dengan dua buku yang lain aku ngerasa buku ini paling kurang menarik :( rasanya ceritanya kurang fokus. Buku ini menceritakan tentang bagaimana tentang orang (atau bahkan binatang) melihat sesuatu. Jadi kalau subjeknya itu orang, ini mirip sama kayak buku biografi tentang cara pikir seseorang melihat suatu benda.

Aku belum selesai baca buku ini, ya karena kurang tertarik aja ditengah-tengah bagian. Semoga ada ending yang menarik dari buku ini.


Blink
Buku ini adalah buku terakhir yang aku beli padahal ini adalah buku pertama yang aku pingin beli dari penulis ini. Buku ini nyeritain bahwa ada banyak informasi yang kita dapat dalam sekejap mata dan kebanyakan informasi itu jauh lebih berguna ketimbang penelitian berminggu-minggu lamanya. yups sangat sekejap seorang pakar bisa menilai patung itu palsu atau bukan, dia berbohong atau tidak, atau sekedar memberi penilaian selai paling enak. Sama seperti buku-buku lainnya akan ada banyak cerita yang mendukung tema buku ini.

Buku ini aku baca habis di kereta menuju Jakarta pagi ini, buku ini gak kayak buku motivasi atau bisnis (David and Goliath) atau buku inspirasi (What the Dog Saw), tapi buku ini lebih mirip buku psikologi. Tapi tetep menarik semua bukunya untuk dibaca :)

Oh ya, sekedar info, di buku-buku itu tadi gak banyak gambarnya atau punya layout menarik kayak bukunya Austin Kleon yang pernah aku bahas. Buku-buku itu full tulisan, tapi percaya deh, bikin nagih juga isinya :)

Trivia:
Di buku Dan Roam yang juga pernah aku post, beliau pernah menceritakan tentang pentingnya memilih judul buku. Dan Roam juga sempat membahas, bahwa Gladwell adalah seorang yang cukup piawai dalam memilih judul buku. Coba perhatikan bahkan tanpa aku resensi, judul buku Pak Gladwell mudah diingat, mengena, tervisualisasi dengan jelas, dan mewakili isinya.

Komentar

Posting Komentar

Tinggalkan jejak disini

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

Sisi Gelap Jogja (?)

Menjadi Warga Baru di Universitas Islam Indonesia