Machine Learning dan AI Summer School

Gambar
Di tengah pandemi ini, salah satu hikmah yang bisa saya petik adalah banyaknya kegiatan offline yang biasanya mahal dan susah dicapai karena harus ke luar negeri, tapi jadi bisa diikutin secara online dan harganya murah. Salah satu kegiatan itu adalah Summer School. Di tahun 2020-2021 ini saya alhamdulillah dapat kesempatan join di dua kegiatan internasional bertajuk Summer School: Machine Learning Summer School (MLSS) 2020 dan PRAIRIE/MIAI AI Summer School (PAISS) 2021 . Di artikel ini saya akan cerita sedikit pengalaman saya mengikuti kegiatan Machine Learning atau AI Summer School, apa menariknya, dan bagaimana cara ikutnya. Machine Learning Summer School (MLSS) 2020    Di tengah tahun 2020 saya alhamdulillah dapat kesempatan ikut salah satu event Machine Learning Summer School (MLSS) yang diselenggarakan di Indonesia dengan penyelenggaranya adalah Telkom University dan University of Amsterdam. Saya bilang "kesempatan" karena untuk ikut kebanyakan kegiatan sejenis summ

Do It Now

"Ini saatnya kalian berkontribusi semaksimal mungkin, soalnya nanti kalau kalian udah selesai masa kerjanya, kalian udah gak bisa ngapa-ngapain, palingan cuma ngelihat dan ngasih saran.", Mas Shofwan

Sejak dapet amanah ini, perkataan itu salah satu perkataan yang paling ngena. Kadang kita terlalu meremehkan dan membawa santai amanah yang kita emban.

Amanah yang aku tulis di sini maksudnya adalah sebuah jabatan. Sebuah kesempatan, menjadi gigi terdalam dalam sebuah mesin bernama lembaga. Menjadi gigi terdalam tentu berbeda dari jadi gigi-gigi biasa yang cuma asal ngikut biasanya. Kita mesti berputar lebih cepat, mengarahkan, dan kuat memutar gigi-gigi lain.

Beberapa pekan lalu sempat terjadi insiden di organisasi yang aku aktif di dalamnya. Berkisah tentang dua orang yang salah paham karena salah satunya bercanda dan mengejek bahwa yang lain kurang banyak aktif di kegiatan organisasi tersebut. Yang lainnya marah. Perkataan yang paling kerasa dari orang yang lain itu adalah "Emang, sampeyan iki wis ngopo ae mas?" (emang, kamu ini udah ngapain aja mas?)

Ya, dan itulah yang akan terus ditanyakan dari tahun ketahun, pengemban amanah yang digilirkan. Dan kita, sebaiknya segera menyadari sebelum penyesalan datang.

Jadi inget sebuah pepatah, entah, lupa ini perkataan siapa,
"Cukuplah kematian sebagai istirahat panjang bagimu"


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

Sisi Gelap Jogja (?)

Menjadi Warga Baru di Universitas Islam Indonesia