Machine Learning dan AI Summer School

Gambar
Di tengah pandemi ini, salah satu hikmah yang bisa saya petik adalah banyaknya kegiatan offline yang biasanya mahal dan susah dicapai karena harus ke luar negeri, tapi jadi bisa diikutin secara online dan harganya murah. Salah satu kegiatan itu adalah Summer School. Di tahun 2020-2021 ini saya alhamdulillah dapat kesempatan join di dua kegiatan internasional bertajuk Summer School: Machine Learning Summer School (MLSS) 2020 dan PRAIRIE/MIAI AI Summer School (PAISS) 2021 . Di artikel ini saya akan cerita sedikit pengalaman saya mengikuti kegiatan Machine Learning atau AI Summer School, apa menariknya, dan bagaimana cara ikutnya. Machine Learning Summer School (MLSS) 2020    Di tengah tahun 2020 saya alhamdulillah dapat kesempatan ikut salah satu event Machine Learning Summer School (MLSS) yang diselenggarakan di Indonesia dengan penyelenggaranya adalah Telkom University dan University of Amsterdam. Saya bilang "kesempatan" karena untuk ikut kebanyakan kegiatan sejenis summ

The Swordless Samurai: Kepemimpinan ala Jepang

Jadi pingin sharing sebuah buku yang menarik banget, berjudul "The Swordless Samurai". Kegiatan rutin bulanan, nge-random datang ke toko buku buat nyari bahan bacaan biar kamar nggak terlalu membosankan karna hal-hal berbau komputer, dan akhirnya nemu buku The Swordless Samurai ini.

The Swordless Samurai, merupakan buku biografi yang cukup inspiratif, mengisahkan kisah kehidupan pemimpin legendaris Jepang, Toyotomi Hideyoshi.


Buku ini memang buku biografi, tapi menarik banget buat dibaca.  Ditulis dengan sudut pandang orang pertama, bikin kita ngerasa terbawa ke Jepang di abad 16. Kita bisa belajar tentang bagiamanakah kehidupan kekaisaran, peperangan, samurai, dan kondisi sosial Jepang pas itu.

Selain itu, buku ini juga membuat pembaca merasa langsung dibina oleh Hideyoshi tentang poin-poin penting seputar kepemimpinan. Banyak prinsip-prinsip penting yang selalu dicatat di akhir setiap kisahnya, tentang bagaimanakah seorang pemimpin itu seharusnya, sikap, dan keputusannya, bahkan bagian-bagian buruk tentang menjadi pemimpin, wis pokoke bener-bener menarik dan berisi.

Sekadar info, Hideyoshi ini adalah seorang warga sipil yang karena begitu terampil, jujur, tekun, rela berkorban, dan beberapa sifat baik lainnya. Beliau berhasil menjadi seorang kaisar legendaris yang berhasil mempersatukan Jepang. Disebut Swordless Samurai, karena seperti itulah Hideyoshi, dia bukanlah seorang samurai, bukan pendekar, perawakannya tidak mendukung, bahkan tidak menarik untuk dilihat, tetapi dialah yang berhasil menjadi pemenang tunggal dari peperangan panjang di negeri sakura tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

Sisi Gelap Jogja (?)

Menjadi Warga Baru di Universitas Islam Indonesia