Machine Learning dan AI Summer School

Gambar
Di tengah pandemi ini, salah satu hikmah yang bisa saya petik adalah banyaknya kegiatan offline yang biasanya mahal dan susah dicapai karena harus ke luar negeri, tapi jadi bisa diikutin secara online dan harganya murah. Salah satu kegiatan itu adalah Summer School. Di tahun 2020-2021 ini saya alhamdulillah dapat kesempatan join di dua kegiatan internasional bertajuk Summer School: Machine Learning Summer School (MLSS) 2020 dan PRAIRIE/MIAI AI Summer School (PAISS) 2021 . Di artikel ini saya akan cerita sedikit pengalaman saya mengikuti kegiatan Machine Learning atau AI Summer School, apa menariknya, dan bagaimana cara ikutnya. Machine Learning Summer School (MLSS) 2020    Di tengah tahun 2020 saya alhamdulillah dapat kesempatan ikut salah satu event Machine Learning Summer School (MLSS) yang diselenggarakan di Indonesia dengan penyelenggaranya adalah Telkom University dan University of Amsterdam. Saya bilang "kesempatan" karena untuk ikut kebanyakan kegiatan sejenis summ

Kebutuhan Smartphone

Udah seminggu ini ada smartphone di kosanku, hadiah dari seseorang. Aku gak pernah minta untuk dibelikan dan berusaha menyembunyikan ketertarikan, tapi qodarullah. OPPO R821 Find Muse, namanya emang agak ribet. Aku lihat spesifikasinya di Internet ternyata bagus banget, udah lebih bagus dari smartphone-smartphone yang pernah aku target untuk aku beli pake uang sendiri suatu hari nanti.

Tapi... kok setelah seminggu rasanya ada yang aneh,
mendadak jadi disfungsi alias kehilangan fungsi dari smartphone di kosku ini. Bukan smartphonenya rusak, tapi aku sendiri yang bingung smartphone ini mau buat apa. Nah, aku sudah ada laptop yang tersambung ke internet dan sebongkah HP walau agak jadul. Dan menurutku semua fungsi smartphone ini sudah ada di laptopku dan HP ku. Atau mungkin akunya aja yang belum begitu paham dengan smartphone.

Aku bukan anak 'gaul' yang suka pake whats app, bbm, line atau software-software chatting sejenisnya, SMS biasa udah cukup. Koneksi dengan modem juga cukup ketimbang aku harus beli paket internet lagi untuk smartphoneku, toh paket internet di smartphone lebih mahal untuk saat ini. Aku juga bukan tipe manusia yang suka 'pamer' kondisi aku sedang ngapain dan sedang dimana dengan update status atau 'check-in'. Develop aplikasinya juga sebenernya gak perlu devicenya, cukup punya emulator di laptop.

Jadi inget kata-katanya ust. Zainal Abidin kemarin malam
"Belilah barang sesuai kebutuhan jangan sesuai keinginan"

Tapi karena ini pemberian orang lain ya aku tetep menghargai.
Semoga aja aku tetep bisa membuat benda ini bermanfaat bagi semua.

Jadinya pikirku,
"Laptop ini usianya 3 tahun lebih, dan aku sudah dibuat jalan-jalan sampai ke Bandung, Jakarta, Jogja, karena belajar menggunakannya. Semoga smartphone ini bisa memberi manfaat lebih"

makasih ma,

Komentar

  1. ciee master rajagede pake smartpon sekarang :v makan2 yan :))

    BalasHapus
  2. kok makan2? biasanya kan kalau ada yang baru di injek-injek :v

    BalasHapus
  3. oiya :v
    btw pantesan seminggu ini di bagian kanan chat fbmu ada simbol HPnya waktu akunmu nggak online

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejak disini

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

Sisi Gelap Jogja (?)

Menjadi Warga Baru di Universitas Islam Indonesia