Sudah halalkah Font kita?

"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula." [Al-Zalzalah: 7-8]

Wah, sebenernya ayat ini dalem banget loh. ini berarti setiap tindakan kecil kita itu juga akan dipertanyakan di akhirat nanti.

Kali ini mau kubahas sedikit tentang "Sudah halalkah font kita". Ya, font yang kita pakai ini. Representasi wajah tulisan di web atau hasil ketikan di komputer.

Lisensi Font
Seperti apapun di dunia internet ini, semua berlisensi. Dan tahukah kalian, kalau font yang ada di windows itu sebenarnya tidak gratis, bahkan font-font yang kalian download dari situs-situs penyedia layanan font itu juga tidak semuanya bisa digunakan seenaknya loh.


Jadi seberarya setiap font itu memiliki lisensi. Itu tuh, aturan pemakaian produk yang panjang dan kadang bertele-tele. Lisensi Font sendiri biasanya bermacam-macam, Berikut ini aku kasih beberapa penjelasan simpel untuk beberapa lisensi yang sering kita temui:

  1. Free, kalian bisa menggunakan pada produk apapun termasuk untuk produk yang akan diperjualbelikan nantinya (misal game atau film atau logo, dsb.), tapi kalian biasanya dilarang menjual font ini kalau berdiri sendiri (ini jadi  kayak ngejual sembako gratis --).
  2. Free for Personal Use, kalian bisa download dengan gratis asal tidak menggunakan pada produk komersil.
  3. Donationware, kita diharuskan mendonasikan sebagian uang (biasanya tidak ditentukan) kepada pemilik sebelum memakai font tersebut 
  4. Commercial, harus dibeli dulu font ini. setelah itu bisa dipakai dalam banyak produk termasuk komersial. 
  5. Dan masih banyak lagi, karena lisensi ini bukanlah suatu yang kaku, jadi beragam banget (misalnya shareware, dsb). Lisensi adalah kehendak pembuat produk untuk apa saja produk itu boleh digunakan.
Satu yang mau aku tekanin adalah, akan lebih "sopan" jika tetap menyebutkan siapa pembuat font tersebut di produk kita, walaupun itu produk komersil ataupun gratis, walaupun font itu kalian dapat dengan gratis ataupun berbayar. Misalnya ditaruh di bagian "credits".

Jangan Mudah Percaya
Nah, tapi jangan terlalu percaya juga dengan lisensi yang ditulis di web, karena bisa saja, font ini juga sudah diambil sembarangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Lalu diupload ulang tanpa izin pemilik aslinya.

Pengalaman saja dulu aku pernah buat game menggunakan font "Angelina", nah, di dafont.com, font itu berlisensi gratis, tapi di web lain tidak. Akhirnya aku putusin untuk mengkontak langsung pemilik fontnya melalui email, dan ternyata benar, font yang ada di dafont.com yang gratis itu tidak seperti harapannya. yah, dan akhirnya aku mesti membongkar gameku hanya karena font itu bermasalah.

Lisensi asli biasanya ditulis dalam readme file nya, atau ada kata-kata langsung dari pemiliknya.


Dan yang perlu diingat adalah,
Manusia selalu meremehkan hal kecil seperti ini. Padahal Allah tidak pernah meremehkan hal kecil.

Comments

  1. saya seorang designer

    hmmmpp...gimana kita bisa mengontak pembuat fontnya?

    dan lagi...font di dunia ini ada jutaan...kadang ketika kita tanya sama si pembuat, kadang gk digubris. bnyak yg kayak gitu...kalau udh kyk gitu...masihkah seorang pengguna font disalahkan?

    *think again...banyak permasalahan yg bisa timbul jgn menutup bnyak lagi. apakah windows yg kita pakai asli? apakah yg ada di dlm komputer itu juga asli semua?

    terimakasih :)

    ReplyDelete
  2. wah, seneng bisa ketemu designer lain..

    untuk mengontak pemilik font, itu emang agak susah beberapa orang tidak menyertakan email mereka, tapi biasanya beberapa website font mengharuskan peletakan form contact, jadi bisa di cari via google font itu, dan dilihat di web mana aja ada font tadi...

    betul, tidak digubris oleh pemilik font itu sering terjadi, nah, cara yang paling gampang adalah mencari dengan sabar font dengan bentuk yang nyaris sama dan ada catatan jelas dari pemilik font tentang lisensi fontnya...
    ini lumayan susah, pengalaman, di dafont.com, dari 10 font mungkin cuma 4 yang bertuliskan lisensi dari pemiliknya...

    pembicaraan detil halal tidak sebuah font, tentu sudah membuka pembicaraan halal tidaknya apa-apa yang ada dalam komputer kita...
    bisa dijadikan introspeksi diri, maka ada baiknya kita memulai melegalkan komputer kita...

    khususnya jika ini digunakan untuk hal yang komersial..

    terima kasih juga..

    ReplyDelete
  3. ternyata hal yang beginian juga termasuk ya :(

    oiya maaf baru bisa berkunjung :D

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  5. masih banyak koq ribuat font yang gratis di google
    apalagi saya usaha jasa design layout dan percetakan dengan nama www.percetakanbogor.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. wah, iya, saya kesulitan untuk menulis arab di internet, jadi sementara artinya saja
    terima kasih masukannya...
    in syaa Allah post selanjutnya...

    ReplyDelete
  7. Terimakasih Oom telah menyadarkan Saya betapa pentingnya hal yang sering kali dianggap remeh, dan ternyata mengakibatkan dampak yang sangat serius. Pada kesempat ini Saya mau meminta rekomendasi Oom, tentang situs yang terpercaya untuk mendownload font yang jelas sumbernya. Terimakasih atas tanggapanya.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih kunjungannya om cupin,
    sebenernya situs seperti dafont.com itu sudah bagus kok, cuman kita mesti milah-milah dulu font yang berlisensi sesuai kebutuhan kita :)

    oh ya, di post terbaruku aku ngasih link kumpulan font yang sering aku pakai buat ndesain-ndesain

    di sini : http://cerita-ilmuku.blogspot.com/2015/01/my-font.html

    ReplyDelete
  9. Terima kasih Oom Rian, sudah mau direpotkan. Oom ada satu pertanyaan lagi nih Oom, yang mmbuat Saya bimbang. Apa font yang terdapat pada Ubuntu Softwa Cernter boleh di gunakan untuk tujuan komersial komersial, atau hanya untuk pemakain pripadi?

    ReplyDelete
  10. Wah, kalau ubuntu software centernya kurang tahu, tapi kalau font di ubuntu nya sendiri lisensinya udah open source (bisa untuk komersial).

    ReplyDelete
  11. disini ada sedikit info mengenai ubuntu font
    http://www.fontspace.com/help/#

    ReplyDelete
  12. yup, terima kasih mas atau mbak anonim, mungkin saya lanjutin dari linknya.

    kalau mau tahu lisensi font ubuntu secara resmi di sini : http://font.ubuntu.com/ufl/
    kalau secara enak dilihat link dari mas atau mbak anonim itu pas banget (y)

    ReplyDelete
  13. Nice post, siap - siap taubat nih :)

    ReplyDelete
  14. Bisa lebih dirinci lagi, free itu ada yang free tok (tidak boleh dikomersilkan) dan ada yang free commercials use (boleh untuk komersil)

    Allahu'alam

    ReplyDelete
  15. @rivatxfz terima kasih sarannya, sebenernya udah sempet aku singgung di "Free" dan "free personal use" mungkin penamaannya sedikit beda hehe

    ReplyDelete
  16. Kalo misalnya website kita gak mengantongi lisensi font, bakalan gimana bro? bisa dilaporin g sama yg punya. Sekian, mohon dibalas

    ReplyDelete
  17. kalo boleh tau, situs google fonts itu nyediain fontnya bebas komersial semua ngga ya mas? terima kasih

    ReplyDelete
  18. kalau dari halaman utamanya, google font itu terlisensi opensource, jadi bisa digunakan untuk projek commercial atau non-commercial

    "All fonts are released under open source licenses. You can use them in any non-commercial or commercial project."
    https://developers.google.com/fonts/

    ReplyDelete
  19. Masyaallah,bagus insightnya, makasih mas.
    saya juga lagi cari font halal, eh ketemu tulisan ini. Barakallahu fik. Btw, font yang halal dimana ya nyarinya ?

    alangkah lebih bagus, kalau buat postingan tambahan mas. Sila download font2 free berikut. hehe (harapan, biar nyarinya gak susah).

    ReplyDelete
  20. Kalau font seperti arial apa boleh buat projek komersil? Atau masih butuh izin? Tolong, butuh pencerahan.

    ReplyDelete
  21. @Aisyah, salah satu penjelasan lengkapnya ada di: https://docs.microsoft.com/en-us/typography/fonts/font-faq intinya, jika windows yang terinstall adalah asli/legal, maka fontnya boleh diguakan untuk keperluan printing atau projek komersil selama tidak menjual atau meng-"embed" fontnya secara langsung

    ReplyDelete
  22. @coretansibintang, mohon maaf terlambat untuk membalas, sebenarnya saya sudah pernah buat kok: https://cerita-ilmuku.blogspot.com/2015/01/my-font.html ;)

    ReplyDelete
  23. Halo kak. Thx buat artikelnya yg bagus and menambah pengetahuan. Saya mau tanya dong bagaimana caranya kita bisa memperoleh lisensi atas font yang kita buat sendiri ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Tinggalkan jejak disini

Popular posts from this blog

Pengalaman: Buat Surat Pindah, KK, KTP,

Sisi Gelap Jogja (?)