Machine Learning dan AI Summer School

Gambar
Di tengah pandemi ini, salah satu hikmah yang bisa saya petik adalah banyaknya kegiatan offline yang biasanya mahal dan susah dicapai karena harus ke luar negeri, tapi jadi bisa diikutin secara online dan harganya murah. Salah satu kegiatan itu adalah Summer School. Di tahun 2020-2021 ini saya alhamdulillah dapat kesempatan join di dua kegiatan internasional bertajuk Summer School: Machine Learning Summer School (MLSS) 2020 dan PRAIRIE/MIAI AI Summer School (PAISS) 2021 . Di artikel ini saya akan cerita sedikit pengalaman saya mengikuti kegiatan Machine Learning atau AI Summer School, apa menariknya, dan bagaimana cara ikutnya. Machine Learning Summer School (MLSS) 2020    Di tengah tahun 2020 saya alhamdulillah dapat kesempatan ikut salah satu event Machine Learning Summer School (MLSS) yang diselenggarakan di Indonesia dengan penyelenggaranya adalah Telkom University dan University of Amsterdam. Saya bilang "kesempatan" karena untuk ikut kebanyakan kegiatan sejenis summ

Windows 8 Painting Apps Review

Yah, karena baru install windows 8 yang lagi ngetren ini, aku langsung mencoba semua fiturnya, mulai dari short cut, tampilan metro menu yang baru, juga semua aplikasi metro bawaan windows 8...
jujur, buuueda banget dengan windows 7...



mulai dari panduan nginstall, sampai tampilan metronya berubah abis..
tapi setelah buka desktop, kerinduan akan windows 7 akan terjawab... tidak banyak perubahan di desktop ini...

aku gak akan bahas windows 8 di sini...
udah terlalu mainstream dan banyak di Internet...
jadi disini aku mau bahas salah satu fiturnya...
fitur yang paling menarik menurutku saat ini adalah windows store...
kita bisa download banyak aplikasi di sini as easy as you see...

karena kemarin malem (atau tepatnya pagi) internet lagi kenceng banget...
aku putusin (memutuskan) untuk download ketiga aplikasi untuk menggambar digital...

karena aku sedang dalam tahap "Licensed or Open Source" alias anti software bajakan.. aku download 3 aplikasi gratis dari windows store...
tampilan logo Metro style, yang Lazy Paint ada gambar kucing tidur

3 Aplikasi sejenis 'paint' versi metro style windows 8 itu...
- Fresh Paint, size > 60 Mb
- Lazy Paint, size > 30 Mb
- Sketchbook Express, > 7 Mb


Tertarik banget sama tiga aplikasi ini, dilihat dari nama, detail yang dijelaskan, rating, dan review... semua terlihat menarik...
dan disini aku akan bahas ketiga-tiganya...
buat jadi pertimbangan, untuk beralih dari software bajakan...

Fresh Paint
Grafisnya, mantap banget...
udah, berasa ngelukis beneran, kita bisa nyampur warna, nyuci kuas, pake palet, milih kanvas, wah, lengkap, bener-bener merasa kayak da vinci :p...

tampilan menarik tapi berat

tapi, salah satu kekurangan dari Freshpaint adalah jenis brush yang sedikit, bahkan kalau dibanding MS Paint, brush MS Paint lebih banyak...
terus kekurangan lainnya adalah bagian nyampur warna, wah ini bukan kekurangan seh, tapi membutuhkan keterampilan,.. kapan warna ini dicampur, mana dulu, komposisinya, kapan dikeringkan... wah, lumayan ribet. perlu belajar banyak...

SketchBook Express
Yang ini tampilannya simpel, tapi tetep powerful..
sebenernya aplikasi ini dikhususkan untuk sketching, gak banyak fitur untuk pewarnaan apalagi editing foto.. cocok untuk pengguna touchscreen... dan nyaris tidak cocok untuk pengguna desktop..
jujur, dari tiga software ini, aku paling tertarik sama user interfacenya Sketchbook Express, berasa moto aku banget... simpel elegan
coba tebak gambar apa itu... *coretanNgawur

kekurangan yang paling terasa ya itu, bagian sketching untuk desktop sama sekali tidak mudah, perlu belajar banyak...
tapi dari sisi penggunaan untuk sketch, ini aplikasi yang sangat powerful, picaso style

Lazy Paint
ini lebih cocok untuk editing foto, mengedit dengan mudah, merubah editannya langsung mirip menjadi lukisan tangan... cocok untuk lazy painter, tinggal gores sana-sini udah jadi...
karya akhir? bisa mirip banget sama pelukis-pelukis terkenal, seperti Van Gogh

salah satu hasil percobaan yang masih belum berhasil

kekurangan... karena fiturnya sederhana, jadi perlu jiwa seni level 2 untuk menciptakan seni pake software ini, (curhatan karena masih gagal terus --)

Overall
setiap software punya keunggulan masing-masing...
Freshpaint untuk menggambar, Sketchbook Express untuk sketching, Lazy Paint untuk photo editing... kalau dari aku, aku lebih memilih Freshpaint, karena lebih mirip sama MS Paint yang biasa tak pakai... walau grafisnya berat... tapi, kayaknya bisa memunculkan karya yang luar biasa...
sekian review singkat dari saya, Create your amazing with simple...

catatan:
review ditulis satu jam setelah pemakaian ketiganya, jika ada kesalahan karena kekurangan ilmu penulis, saya mohon maaf sebesar-besarnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah halalkah Font kita?

Sisi Gelap Jogja (?)

Menjadi Warga Baru di Universitas Islam Indonesia