Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2012

Our Turn...

"Every great magic trick consists of three parts or acts. The first part is called "The Pledge". The magician shows you something ordinary: a deck of cards, a bird or a man. He shows you this object. Perhaps he asks you to inspect it to see if it is indeed real, unaltered, normal. But of course... it probably isn't. The second act is called "The Turn". The magician takes the ordinary something and makes it do something extraordinary. Now you're looking for the secret... but you won't find it, because of course you're not really looking. You don't really want to know. You want to be fooled. But you wouldn't clap yet. Because making something disappear isn't enough; you have to bring it back. That's why every magic trick has a third act, the hardest part, the part we call "The Prestige"."

menciptakan akhir yang luar biasa itu baguskan?
seperti bagaimana akhir perjuangan Rasulullah shalallahu 'alahi wa…

Islamic Art [17]: Lingkungan...

Gambar
Sudah cukup banyak orang yang berubah terpengaruh lingkungan menjadi lebih baik atau sangat buruk

Movie!!

Entah kenapa kepenatan pra-SNMPTN ini membuatku memilih film sebagai perisitirahatan...
dengan memegang teori
"Di SNMPTN yang kalian butuhkan bukan grammar, tetapi pemahaman bahasa Inggris yang baik"
dan aku memilih solusi untuk belajar dengan memahami subtitle film...
walau sebenarnya Guru bahasa Inggrisku menyarankan untuk membaca buku atau artikel luar...

Dan setelah solusi dan diskusi dengan Mas Rizki [Guru TIK, eh, maaf, mantan guru] yang punya pengalaman perfilman yang bagus, akhirnya aku menonton banyak film yang menurut beliau bagus...

Dan setelah sekian (gak) lama menonton, aku jadi pingin membuat daftar film-film bagus dan "LAYAK" untuk ditonton, bukan film porno atau horor gak jelas yang gak ada manfaat nontonnya...

berikut listnya...

1. Hello Ghost, best ending, best movie, prepare your tissue paper...
2. My Name is Khan, Proud to be Muslim...
3. Rang de Basanti, a friendship and a spirit...
4. Remember the Titans, true story to change the world...
5. Dragon …

Menurutmu? Agama itu...

Gambar
Copas artikel dari blognya Mbak Vivin...

"Cukup sering aku mendengar komentar orang, baik teman maupun asing, yang kurang lebih berkata begini, “Aku beragama, tapi ya yang biasa aja, nggak yang berlebihan kayak mereka.”

‘Mereka’ di sini biasanya merujuk pada orang-orang tertentu yang dipandang ‘religius banget’. Bagi yang muslim, mereka biasanya dilabeli sebagai ‘anak rohis’, ‘anak ski’, atau ‘anak masjid’. ‘Berlebihan’ sering juga digantikan dengan kata ‘lebay’ yang konotasinya lebih negatif.

Apalagi kalau komentar itu ditambahi justifikasi begini, “Kan yang berlebihan itu nggak baik!” Duh, sedihnya lipat-lipat deh.

Aku ingin menitikberatkan pembahasan pada kata-kata yang kucetak miring.
Pertama, sebenarnya apa sih ‘beragama secara biasa aja’ itu? Apa juga maksudnya ‘beragama secara berlebihan’?

Bagiku sederhana saja. Kita harus tahu dulu ‘beragama’ itu seperti apa, dan standar-standarnya bagaimana. Barulah kita bisa menentukan apa yang ‘biasa aja’ dan apa yang ‘berlebihan’. In…

SMAN 5 Surabaya

Gambar
SMAN 5 Surabaya. Setelah mencoba bercerita tentang SMAN 5 Surabaya melalui tag aku_smalane
dan berhasil menerbitkan -hanya- tujuh artikel tentang sekolahku:
Aku SmalaneBelajar di SMAN 5 SurabayaPelajaran di SMAN 5 SurabayaSub SeksiOlimpiadeNever SleepKehidupan di sini
Dan Posting ini 'mungkin' akan menjadi yang terakhir dari seri aku_smalane
masih 'mungkin',... bukan karena blog ini labil... bukan...
tapi karena cerita di SMAN 5 Surabaya (smala) yang tidak pernah berakhir...
dari merah sampai ungu
dari satu sampai sembilan
dari subuh sampai senja
dari Hidrogen sampai Radon
dari 3 Idiots sampai Dragon Sakura
tak ada yang mengatakan cerita ini akan berakhir...

Post ini akan memberi rangkuman..
untuk adik-adik SMP yang ingin masuk Smala atau orang tua yang meragukan apa yang ada di dalam gedung di jalan kusuma bangsa....

Kenapa Harus Masuk SMAN 5 Surabaya? Merupakan salah satu sekolah terbaik di Indonesia (menurutku) Memiliki guru-guru berkualitas, bersemangat, berbeda, dan …

Lelaki tua di penyeberangan

Gambar
Ngapain ya?
mau nyeberang kah?
nunggu angkot kah?
bus kah?

Ngapain ya?
mau mudik kah?
jalan-jalan kah?
atau mengunjungi anaknya tercinta?

Sendirian?

tas selempang
kemeja tua
peci
botol air minum

berdiri tegak
di antara lalu lintas
di tengah polutan
tenggelam oleh keringatnya sendiri

lupakan...
tapi berpikirlah sejenak...
tentang kehidupan dewasa...
dan tua...

akankah?
Kita menjadi seorang yang meninggalkan orang tuanya?
yang berdoa di pemberhentian?
sedangkan kita di atas kereta tak peduli?

akankah?
Kita menjadi seorang ayah yang begitu cinta kepada anaknya?
yang tidak lupa walau jarak memisahkan?
yang tegar dan sabar dan tetap cinta dalam waktu bersamaan?

Aku takut menjadi lelaki tua di penyeberangan, sendiri tanpa keluarga yang menemani
Aku ingin menjadi lelaki tua di penyeberangan, menjadi Ayah, yang datang dari jauh mengunjungi penuh cinta merayakan kesuksesan anaknya...

Islamic Art [16]

Gambar

Living in here

Gambar
Bahasa Inggrisku jelek...
Aku akui itu... jadi kalau kalian rasa judulnya salah... maaf...

SMAN 5 Surabaya identik dengan sekolah yang kegiatannya belajar terus...
tapi apa itu benar? enggak kan?
di post sebelumnya sudah ku ceritakan bagaimana ragamnya kehidupan di sini...
nah, bagaimana dengan pergaulan antara murid di sini?


Di sini pergaulan antara murid enggak buruk...
kita akan lebih dekat satu sama lain melalui banyak kegiatan di SMAN 5 Surabaya...

Selain itu beragamnya siswa di sini membuat kita banyak mengenal 'tipe' manusia yang berbeda..
aku mengenal 2 Orang dari Aceh, 2 Orang dari Tuban, 1 Orang Probolinggo, 1 Orang Jakarta, dan mereka semua bukan orang biasa... mereka luar biasa...

Kita juga mendapat sebuah 'konsep' berpikir...
yang karena dulu aku cuma sekolah di pinggiran, jadi kurang mendapat ini...
'konsep' ini terlahir karena beragamnya suasana di sini...
ya apa ya njelasain konsep ini...
dateng aja deh ke Smala...

aku_smalane