Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2012

Surya dan Rembulan

Gambar
Surya dan rembulan...
Bertemu dan bercakap-cakap...
Berbincang...

Surya dan Rembulan...
Bertemu dan bercakap-cakap...
Menjadi rekan...

Surya dan Rembulan...
Bertemu dan bercakap-cakap...
Saling melengkapi...

Surya dan Rembulan...
Bertemu dan bercakap-cakap...
Menyatu dalam gerhana...

Surya dan Rembulan...
Bertemu dan bercakap-cakap...
Dengan nada tinggi...

Surya dan Rembulan...
Bertemu dan bercakap-cakap...
Dengan hati kecewa...

Surya dan Rembulan...
Bertemu dan bercakap-cakap...
Dan aku hanya mengamati...
Di balik ketujuh atmosfer...
Berdoa tidak terjadi bencana...
Yang melanda tubuhku...
Terkadang ku bertanya...
Kenapa ku tak bisa bercakap-cakap seperti mereka?

Sebelum Lupa Bahwa

Gambar
Kakiku terikat...
Rantai berkarat...
Di dasar dinding berhadap...
Bau lembab lumut gelap...

Sentuhan basah licin tak berpijak...
Pegangan hitam tak berserat...

Aku suka dan mendekat...
Aku nikmati dan terpikat...
Aku rasakan tak berlari...
Aku menanti sembari menari..
Aku mengadah...
Aku di beri...
Kelelawar bermoncong putih...
Oh!
Tarik Aku hari ini...

This Time to Fight in....

Gambar
Olimpiade
Pernah merasa menjadi prajurit terdepan?
Pernah merasa menjadi pejuang?
Aku pernah...
Di Dunia Olimpiade...
Di Bumi Komputer...
Di Dalam Laboratorium...

"yah ini, postingan yang ke-4 dari tag aku_smalane...
sebuah pujian untuk SMAN 5 Surabaya..."

Di Smala ada yang namanya Pembinaan Olimpiade...
di sini kita akan dibina pelajaran yang kita minati dan di Olimpiadekan..
ada delapan, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Komputer...

Jadi pas awal tahun...
kalian bakalan disodorin formulir pendaftaran mengikuti pembinaan...
setiap anak bisa milih 2 mata pelajaran..
terus akan ada tes di hari lainnya..
sekitar 20 besar dari setiap mapel akan di bina selama setahun setiap sabtu pagi...
tapi kalau komputer 3 tahun ini semua yang mau ikut pasti langsung keterima..
soalnya peminatnya enggak banyak... tapi kalau matematika bisa sampai puluhan yang minat jadi yah cuma di ambil 20 orang...

Apa enaknya ikut pembinaan?
ini cerita menurut pengalamanku.…

Islamic Art [14]: Silence Art

Gambar
[Versi Pertama Silence Art] [Enggak banyak berkata di dalam karya] [Di buat H-1 Ujian Praktik Seni Rupa] [Gambar di buat menggunakan MS Paint, di tambah text dengan Pixlr.com]

dan yang ini, hasil lukisanku waktu ujian praktik kesenian

Ujian Praktik

Praktik, bukan Praktek....
lihat deh Kamus Besar Bahasa Indonesia...

Hari 1: Mandarin = lumayan lancar, cukup grogi karena hari pertama...
Hari 2: Biologi = enggak bisa bedain biuret dan benedict --"
Hari 3: Bahasa Indonesia = H-1 jam dan musik masih blepotan...
Hari 4: PAI = H-1 kertas bacaan dzikir dari sekolah hilang, enggak jadi hafalan, dan tidur
Hari 5: Olahraga = Perasaan lebih ngebut, tapi ternyata malah lebih lama larinya...
Hari 6: TIK = Komputer mati pas sudah ngerjain 70% dan belum dinilai...
Hari 7: Fisika = Jawaban mikrometer sekrup beda sama semua anak...
Hari 8: English = Detik-detik paling gila dalam hidupku...
Hari 9: Kimia = "Hidrolisis harusnya bisa cuma 5 menit..." --
Hari 10: Kesenian = besok

Kayaknya hampir semua ujian gak ada yang lancar...
Tapi ada satu hal luar biasa yang kudapat selama ujian ini...
Karena, beda dengan Ujian Tulis,...
Ujian Praktik malah lebih membuat kita dekat satu sama lain...
Terasa lebih kompak...
Apalagi dibuka dengan ses…

SS

Gambar
"Lanjutan post bertema aku_smalane...
sebuah kontribusi untuk SMAN 5 Surabaya..."

SS singkatan dari Sub Seksi..
sama seperti ekstrakulikuler di SMP...
di Smala ada lebih dari 22 SS yang siap di tempati...
mulai dari Kerohanian sampai Bahasa...
terlalu banyak untuk diceritakan satu per satu...
aku cuma aktif di dua SS, di SSKI (kerohanian islam) dan Robotika...
karena gak mungkin menceritakan semua SS...
jadi tak ceritakan SS yang ku tekuni aja...

SSKI

SSKI singkatan dari Sub Seksi Kerohanian Islam....
kegiatannya cukup banyak...
dan seru-seru...
aku nginep pertama kali di Smala di sini...
di sini aku pertama kali aktif di kepanitiaan...

SSKI menawarkan banyak kajian di mana kita bisa menuntut ilmu Agama...
ilmu wajib yang patut kalian miliki...
http://www.facebook.com/groups/115322117368/


Robotika
Ini Pusat IT nya Smala...
gak sekedar mbahas robot...
tapi juga pemrograman dan Computer Science...
aku yang awalnya gak ngerti apa itu domain...
Alhamdulillah sekarang sudah tahu …

Pelajaran di SMAN 5 Surabaya

setelah posting tentang belajar,
saatnya posting tentang pelajarannya...
ini semua hanya testimoni berdasarkan pengalaman...

MATEMATIKA
normal, gurunnya keren-keren...
tapi, aku punya cerita tentang pelajaran ini...
aku mengenal guru matematika paling luar biasa...
gak cuma pinter, tapi lebih dari itu...
dan ku yakin cuma ada di smala...
di mana ada guru yang berkata...
"Trigonometri itu sudah mengalir di darahku" :)

FISIKA
Pelajaran paling rumit menurutku...
tapi bagi beberapa orang akan mengatakan mudah...
fisika itu paling seru kalau praktik...
langsung kebayang semua garis dan angka di kertas...

BIOLOGI
Pernah sempat kehilangan guru biologi di tahun kedua...
salah satu pelajaran yang begitu mengikuti kurikulum dari cambridge...
mempersulitku yang tidak pandai bahasa Inggris...

KIMIA
Pelajaran paaling berkesan...
dimana aku baru belajar di semester 2 tahun ke 3 (semester5)...
karena memang pada awalnya sangat tidak paham dengan pelajaran ini...
walau hampir kebanyakan or…

Belajar di SMAN 5 Surabaya

Gambar
"Post kedua dari tag aku_smalane...
terima kasih smala..."

akan saya kupas tentang pendidikan di SMAN 5 Surabaya...

Pertama masuk di smala sudah sering diingetin kakak kelas...
kalau nanti pas sekolah bakalan banyak tugas dan PR.. mesti siap mental...
dan ternyata...
benar...
mungkin gak separah yang aku bayangkan.. tapi emang lebih banyak dari selama aku SMP..
rekor ulangan terbanyak dalam 1 hari yang pernah tak alami adalah 3 ulangan... belum termasuk PR...
Alhamdulillah.. ternyata besoknya tiga-tiganya gak jadi ulangan... mukjizat banget rasanya...
[lupa kenapa gak jadi]
Gak usah sumpek... karena nanti kalian bakalan kaget, kalau sebenernya kalian bisa...

Kalian akan tahu Potensi diri Kalian
Metode
di smala kalian bakalan mengenal banyak microsoft powerpoint, yang jujur, gak aku dapet banyak di SMP...
gak sedikit guru yang mengajar menggunakan Powerpoint atau OHP...
dan gak sedikit juga kalian yang akan maju berpresentasi menggunakan powerpoint (disingkat ppt)..
bahkan,…

Aku Smalane...

Gambar
Bismillah..
Post ini akan ku buat berseri Insya Allah...
untuk mengenang ke luar biasaan SMAN 5 Surabaya...
selama 3 tahun ini...
yang percayalah, gak bakalan didapet di sekolah lain...
semoga bisa istiqomah... menjadi penyegar dari kepenatan belajar...

Post ini akan menjadi yang pertama...
dimulai tanggal 1 Maret 2012, mengawali bulan penuh ujian di Smala [khusus kelas 3]
dan berakhir ketika aku resmi lulus dari sekolah ini...

APA ITU SMALA?
smala itu singkatan dari SMAN 5 Surabaya...
biasa juga dikenal dengan SMALABAYA...
buat bedain gitu sama SMAN 5 di kota lain...

Kalau Smalane?
itu sebutan untuk warga smala...
dari Pak Bon... sampai kepala sekolah...

Di mana nih?
bagi yang belum tahu dan ingin tahu...
Smala bertempat di Jalan Kusuma Bangsa, Surabaya...
sekian meter dari THR (Taman Hiburan Rakyat) Surabaya...
pas di sebelah kiri jalan...
salah satu dari SMA komplek (SMA yang saling berdekatan), bersama dengan SMAN 1 Surabaya, SMAN 2 Surabaya, dan SMAN 9 Surabaya...

Pendidikan
Ketika…